Friday 27 May 2011

simple tips menghadapi SNMPTN

Berikut merupakan beberapa simple tips pada saat menghadapi SNMPTN :

1. BELAJAR
Belajar merupakan hal terpenting pada saat sebelum menghadapi SNMPTN. Hanya dengan belajar kamu bisa memperbanyak materi/pengetahuan untuk menghadapi SNMPTN nanti. Belajar ga cuma belajar disekolah aja Gan, belajar jg bisa dilakuin dirumah maupun diluar rumah (ikut bimbel). Ikutan bimbel diluar jam sekolah sangat sangat berpengaruh buat nambah materi pelajaran, biasanya di bimbel kita diajari tips/trick untuk menyelesaikan soal dengan cepat Gan, dibimbel kita dilatih untuk menyelesaikan soal lebih cepat dari temen temen kita yang ga ikutan bimbel (lumayan buat balap ngerjain soal nanti). Mau pintar makanya BELAJAR !

2. JAGA KESEHATAN 
Menjaga kesehatan kita itu penting Gan (semua jg pada tahu), apalagi ngejaga kesehatan pada saat kita mau menghadapi SNMPTN. Percuma belajar seharian tapi pada saat mau SNMPTN kita malah sakit (ga mau nyoba ditahun depan kan). Menjaga kesehatan itu relatif mudah Gan, kita cuma perlu ngikutin peraturan yang ada seperti : 
- Istirahat yang cukup (ga pake begadang)
- Makan yang teratur ( jangan sampe gara gara belajar jadi lupa makan)
- Asupan Buah dan Sayur lebih ditingkatkan
- Klo bisa makan makanan 4 sehat 5 sempurna Gan

3. MINTA DOA RESTU
Minta doa restu gak kalah pentingnya sama 2 point diatas Gan. Kita harus minta restu sama orang tua kita yang udah ngedukung kita sampe kita jadi seperti yang sekarang ini, minta restu sama guru guru d sekolah maupun di bimbel. Inget Gan, mereka yang ngasih kita banyak wawasan/pengetahuan tanpa pamrih. Setidaknya setelah kita meminta restu sama orang orang disekitar kita, kita bisa sedikit lebih memotivasi diri kita, klo kita harus sukses (inget ! mereka cuma mau kita berhasil). Semangat semagat, bales keringat mereka dengan secarik kertas pengumuman yang bertuliskan KELULUSAN kita .

4. PERCAYA DIRI
Percaya diri sangat penting dalam kehidupan sehari hari apalagi pada saat mau menghadapi SNMPTN, inget Gan yang harus kita andalkan adalah diri kita sendiri, bukan orang lain. Temen kita, pacar kita, keluarga kita, pada saat kita sedang menghadapi SNMPTN mereka semua adalah "musuh" kita, mereka juga mengharapkan sebuah kursi PTN, sama seperti kita. Jadi jangan berharap orang lain bakal ngebantu kita pada saat SNMPTN, yang bisa membantu kita pada saat SNMPTN cuma DIRI KITA, bukan orang lain. Maka dari itu kita harus PERCAYA DIRI pada saat mengerjakan soal SNMPTN. Ga perlu lirik lirik kedepan kebelakang, kekanan ato kekiri. Kamu hanya perlu FOKUS dengan soal soal yang kamu hadapi ! 

5. BERDOA
Setelah semua usaha udah dilakuin, kita tinggal berdoa sama yang maha kuasa. Berdoa semoga apa yang kita cita citain bisa tercapai, apa yang kita lakuin ga sia sia. Dengan berdoa, kita menunjukkan rasa syukur kita pada-NYA. Percaya semua yang kita lakuin udah yang terbaik dan hasilnya pun itu yang terbaik buat kita.


Mungkin cuma itu yang bisa Well share ke kalian, semoga bermanfaat bagi kita semua.

No comments:

Post a Comment