Thursday 19 April 2012

Langkah kecil

Kali ini Well bakalan cerita sedikit tentang usaha yang lagi Well jalanin, usaha yang Well jalanin adalah usaha reseller baju yang klo bahasa kerennya "middle man" klo kata orang Palembang mah "tukang ngulo" hahaha, dan usaha ini Well namain "simplewelly's hard work". Tenang semua makna diatas bagus bagus kok selagi ngejalaninnya bagus dan jujur. Well berdomisili di Palembang, di kota ini klo Well perhatiin originalitas ga terlalu diperhatiin, yang penting punya brand ternama trus murah, itu yang mereka cari. Jadi reseller clothing gini sebenernya diawali dengan kemauan/niat Well yg gede akan keingin tahuan tentang Fashion, Well suka fashion, Well suka sesuatu yang baru, dan Well suka sesuatu yang sesuai. Ga tahu kenapa dari dulu Well suka sesuatu yang boleh dibilang sederhana tapi sesuai, bayangin aja deh klo ada cewek cakep trus pakaiannya ga sesuai, masih dibilang cakep ? masih sih tapi "nilai"nya udah nurun, bener ? Nah disitu Well mikir, Well pengen ngejual sesuatu yang ngebuat orang jadi "sesuai" dengan apa yang dia pake. Tapi ya itu tadi, semua masih balik ke selera masing masing. Ada yang bilang klo "kepribadian itu bisa dilihat dari cara orang berpakaian", Well setuju sama kata kata itu tp Well ubah dikit definisinya yah "Kepribadian itu bisa dilihat dari cara orang orang menyesuaikan cara berpakaianya dengan momen tertentu" rada ribet bacanya ? gpp kok, tp dapet kan maknanya ?

Nah dibawah ini Well bakalan cerita tentang Strength Weakness Opportunities Threats dari usaha Well, bagi yang udah mahir mohon bimbingannya dan bagi newbie mari sama sama belajar analisis SWOT. cekicrottt...

STRENGTH
Dari pengertiannya aja kita udah tau klo strength itu punya artian "kekuatan", nah disini kekuatan Well adalah kualitas, harga dan selera fashion yang tinggi. Kualitas, barang yang Well jual bukan barang barang original melainkan barang abal yang biasa disebut barang KW. Tp inget, KW bukan sembarang  KW, barang yang Well jual kualitasnya ga beda jauh sama barang barang original tp harganya itu yang udah beda sangat jauh. Barang barang yang Well juga merupakan barang barang selera pasar terkini, dimana pangsa pasar Well merupakan pelajar dan mahasiswa. Perlu kalian tahu yang Well jual barang barang clothing kaya' jeans dan t shirt. Kekuatan Well juga terletak di jaringan, alhamdulillah jaringan(temen) Well ada lumayan banyak, jadi ga terlalu sulit buat ngelakuin yg namanya promosi, yang ngebeli barang barang Well awalnya temen Well trus lanjut mulut ke mulut jadi temennya temen Well trus Well temenan sama dia. Disini perlu diinget bagi pemula kaya' Well keuntungan uang itu masalah yang kesekian, yang perlu kita lakuin adalah memperluas jaringan seluas luasnya, menang konsumen merupakan kemenangan mutlak didunia perdagangan. Tp perlu diinget juga, biarpun kita menang konsumen kita jangan sampai rugi finansial. Klo diawal rugi finansial dikit sih gpp, hitung hitung biaya promosi tp awas jangan terlalu gede.

WEAKNESS
Kelemahan dari usaha yang Well jalanin sekarang adalah Well cuma ngambil semua barang dengan satu supplier, dan supplier ga selalu ready stock, kadang barang dateng udah langsung habis di ambil sama reseller reseller lain. Akibat dari permasalahan tersebut, Well takut konsumen Well jadi pada kecewa dengan usaha Well, ketika mereka pengen barang yang lagi IN tp barang udah sold out mereka jadi kecewa, tp tenang Well masih percaya sama kualitas yg Well jual dan Well yakin mereka ga bakal kemana. Dengan modal seadanya Well tetep jalanin usaha tapi klo udh ada rejeki lebih Well pengen cari beberapa supplier di jakarta/bandung umtuk mengurangi masalah tersebut. Kelemahan yang lain adalah terkadang jasa pengiriman yang telat nganterin barang, itu juga yang ngebuat Well telat nganterin barang ke konsumen yang udah order.

OPPORTUNITIES
Kesempatan, kesempatan buat sekarang yang lagi Well fokusin adalah kegiatan kegiatan kaya' pensi disekolah sekolah, karna sejauh ini Well liat pensi disekolah sekolah pada jarang ada brand clothing yang mau buka stan. Jadi Well rasa salah satu "kesempatan" terbesar usaha Well adalah ngebuka stan di pensi pensi sekolahan dimana anak anak sekolahan pada demen banget sama apa yang bisa Well tawarin. Ini juga salah satu strategi Well buat ngebuka atau ngelebarin jaringan Well atau bahkan klo temen ada usaha kaya' gini juga bisa dipake strategi buat masarin barang dagangannnya di pensi atau di acara acara lainnya. Sejauh ini Well liat yang pada buka stan di pensi paling operator telpon, stan motor, atau stan minuman ringan, nah disitu Well masuk buat jadi pelopor yang ngejual barang clothing dan ga tau kenapa Well yakin strategi ini lumayan ampuh buat naklukin hati anak anak sekolahan.

THREATS
Threats alias ancaman. Ancaman adalah ancaman. Segala sesuat merupakan ancaman, tapi ancaman yang bener bener ancaman bagi Well adalah diri Well sendiri. Yang paling Well takutin cuma diri Well sendiri, selagi Well bisa ngendaliin diri Well sendiri, Well yakin ancaman seperti apapun bisa Well laluin dengan baik.


2 comments:

  1. ancamannya mestinya lebih bisa didefinisikan apa saja contohnya. dalam manajemen resiko, semakin banyak ancaman yang mampu diidentifikasikan, maka tindakan penghindaran dan solusi atas resiko tersebut makin efektif dilakukan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okeh,mungkin next post bakal lebih diperhatiin ^,^d

      Delete